Rabu, 30 Januari 2013

H.Engkon Komara Figur Bupati Ciamis Yang Merakyat



TENTARA-POLISI, Ciamis: Bupati Ciamis H.Engkon Komara  merupakan sosok seorang pemimpin yang merakyat, karena selama ini beliau begitu dekat dengan masyarakatnya, dan tak sungkan bila bertegur sapa dengan rakyat jelata.Juga dalam hal bergaul tidak memandang dari kalangan manapun. Sebuah figur yang memang patut diteladani dan menjadi panutan.
                “Saya menjadi Bupati Ciamis merupakan hasil pilihan  masyatakat dan saya mengemban amanah dari masyarakat. Karena itu, kalangan buruh, petani, pedagang, wartawan, wiraswasta, pengusaha dan pejabat serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ciamis merupakan bagian dari kehidupan saya,”ungkap H.Engkon Komara kepada TENTARA POLISI suatu ketika.
                Bukti bahwa dia milik masyarakat Kabupaten Ciamis, maka secara rutin setiap hari Jum'at setelah menunaikan ibadah shalat Jum'at bersama-sama di Mesjid Agung, Engkon Komara pun selalu menggelar pertemuan dengan para wartawan maupun dengan masyarakat dari kalangan manapun. Pada pertemuan “silaturahmi” ini, bupati  mendengar langsung keluh kesah masyarakat yang disampaikannya secara langsung.”Sekedar silaturahmi dan ingin mendengar keluhan yang disampaikan masyarakat, terutama berkaitan dengan pelayanan Pemkab Ciamis kepada masyarakat,”jelasnya.
                Kepribadian “sang bupati” ini diakui Darwin,   Pemimpin Perusahaan SKU Tentara Polisi bahwa Bupati Ciamis H.Engkon Komara merupakan sosok figure  pemimpin yang merakyat, humoris dan selalu memberikan petunjuk serta bimbingan kepada seluruh lapisan masyarakat.”Karena beliau adalah seorang perwira TNI, saya berasumsi beliau  merupakan sosok yang tegas dan bertangan besi, ternyata asumsi saya itu salah besar. Justru sebaliknya, beliau sosok figure  pemimpin yang merakyat, humoris dan selalu memberikan petunjuk serta bimbingan kepada seluruh lapisan masyarakat,”paparnya.
                Ketika ditanya mengenai daerah otonomi baru Kabupaten Pangandaran, H.Engkon Komara berkomentar,”Saya sangat berharap di kemudian hari kabupaten baru ini mengalami kemajuan yang pesat di segala bidang,”katanya.
                Selanjutnya dia mengatakan,”Dan diakhir kepemimpinan saya, tentu saja saya sangat berharap agar bisa mempersembahkan pembangunan di segala bidang, dan kelak yang terpilih menggantikan saya dapat mengemban amanat, menjadi panutan masyarakat dan dapat melanjutkan pembangunan yang belum saya selesaikan,”katanya.
                Dengan demikian, tidaklah salah bila seluruh masyarakat Ciamis memilih dia sebagai Bupati Ciamis sebagai sosok yang berbudi luhur dan merakyat, gemar membangugn,cinta tanah air, cinta kepada rakyat, berintegritas tinggi, disiplin, bertanggungjawab penuh dalam segala macam serta berdedikasi tinggi.
                Dan ada satu pepatah yang kami rasakan, dan selalu direalisasikan H.Engkon Komara dalam kesehariannya, yakni “Beliau menegur hanya dengan tatapan, juga mendidik dan memimpin Kabupaten Ciamis selalu dengan senyuman,”kata Darwin seusai pertemuan dengan Bupati Ciamis belum lama berselang.(ABANG JS-TP)***

0 komentar:

Posting Komentar